Memperbaiki Printer Epson TX121 Mati Total

Memperbaiki Printer Epson TX121 Mati Total



Datang Printer Epson TX121 servisan dengan keluhan MATOT alias mati total. Pemiliknya juga rada pesimis dengan printernya apa bisa diperbaiki atau tidak. Kata dia printer belum lama dibeli dan printer sudah hilang garansi service center-nya karena printer diinfus. "Kemungkinan Logic Board-nya mas," saya mencoba menjelaskan kepada pemiliknya. Akhirnya printer ditinggal untuk dicoba diperbaiki.

Saya seruput kopi hangat dan coba memulai membongkar printer perlahan-lahan. Langsung menuju Logic Board yang merupakan otak printer. Perhitunganku kalau tidak power suplay ya boardnya.....



Waktunya menggunakan senjata andalanku MULTITESTER , Tes sana tes sini... Yang bisa di tes cuma Dioda karena komponen ini yang sering rusak dan memungkinkan untuk dilakukan pergantian. Akhirnya ditemukan satu diaoda (D1) dalam keadaan short. Sekedar info bagi newbie Dioda berfungsi menyearahkan arus listrik, dalam pengetesan dengan multitester bila dioda dites bolak-balik(Anoda ke Katoda, Katoda ke Anoda) ada nilainya maka dioda dalam keadaan short atau rusak. Seharusnya satu arah saja.



Komponen yang dilingkari merah merupakan bagian yang rusak.

Dioda yang rusak segera diganti degan dioda biasa (IN4001) yang saya beli dari toko elektronika seharga Rp.200.
Setelah dioda baru tersolder ke board printer dirakit kembali. Ternyata printer bisa hidup kembali dan bisa digunakan untuk printing serta scanning. Untuk kerusakan seperti ini User dikenakan jasa service sebesar Rp. 50.000 saja.

0 komentar: